Mekanisme Adaptasi Masyarakat Korban Tsunami di Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.31815/jp.2023.18.72-82

Kata Kunci:

Adaptasi, bermukim, masyarakat, resiliensi, tsunami

Abstrak

Meskipun beberapa daerah di Indonesia telah dipetakan sebagai daerah rawan bencana, namun ternyata hal ini tidak menyurutkan keinginan masyarakat untuk tetap bermukim kembali di daerah tersebut. Salah satu contoh empiris yang masih bisa diamati sekarang ini adalah fenomena bermukim kembalinya masyarakat korban tsunami di Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme adaptasi yang dilakukan masyarakat sebagai suatu bentuk resiliensi untuk tetap bertahan dan bermukim kembali di kawasan rawan bencana. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui tabel, grafik dan gambar. Data yang diperoleh berupa data teks dan data visual, dengan responden sejumlah 25 orang yang dipilih secara purposif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada suatu strategi adaptasi secara aktif dilakukan oleh masyarakat yang bermukim kembali di daerah rawan tsunami ini sebagai suatu upaya untuk resilien, yaitu melalui mekanisme adaptation by adjusment dengan melakukan beberapa penyesuaian terhadap fisik hunian dan lingkungannya. Hasil dari kajian ini nantinya diharapkan dapat menjadi pengetahuan baru dalam pendidikan arsitektur serta menjadi masukan bagi pemerintah dalam mengaplikasikan upaya mitigasi bagi masyarakat di daerah rawan bencana.

Referensi

Afandi, A. Muhamad. 2017. “Adaptasi Spasial Penghuni Rumah Susun Sederhana Sewa Dabag Sleman Yogyakarta.” Program Studi Pendidikan Seni Rupa Jurusan Pendidikan Seni Rupa Fakulas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/50868/1/TAS MUHAMAD ARIF AFANDI.PDF.

Ariviyanti, Nur, and Wisnu Pradoto. 2014. “Faktor-Faktor Yang Meningkatkan Resiliensi Masyarakat Dalam Menghadapi Bencana Rob Di Kelurahan Tanjung Emas Semarang.” Teknik Perencanaan Wilayah Kota 3 (4): 991–1000.

Creswell, J.W. 2002. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. http://fe.unj.ac.id/wp-content/uploads/2019/08/Research-Design_Qualitative-Quantitative-and-Mixed-Methods-Approaches.pdf.

Himbawan, Gigih. 2010. “Penyebab Bermukimnya Masyarakat Di Kawasan Rawan Banjir Kelurahan Tanjung Agung Kota Bengkulu.”

Istanabi, Tendra, Muhammad Sani, and Deva Fosterharoldas. 2018. “Asimilasi Sebagai Terjemahan Bentuk Adaptasi Dalam Resiliensi Komunitas Kampung Kota Di Kampung Sudiroprajan Surakarta Assimilation as a Translation of Adaptation Form of Kampung Kota Community Resilience in Kampung Sudiroprajan Surakarta.” Jurnal Pembangunan Wilayah Dan Perencanaan Partisipatif 13 (1): 36–49.

Katalog Peta UPTB GIS Kota Banda Aceh. 2012.

Kumar, Ranjit. 2005. Research Metodology, A Step by Step Guide for Beginner. London: SAGE Publication, Inc.

Mayunga, Joseph S. 2007. “Understanding and Applying the Concept of Community Disaster Resilience: A Capital-Based Approach,” no. July: 22–28. A draft working paper prepared for the summer academy for social vulnerability and resilience building .

Natalia, AR Dita. 2015. Adaptasi Bangunan Di Perumnas Condongcatur Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Universitas Gadjah Mada: Diunduh dari http://etd.repository.ugm.ac.id/.

Rahman, A dkk. 2018. Indigenous knowledge management to enhance community resilience to tsunami risk: lessons learned from Smong traditions in Simeulue island, Indonesia. IOP Conf. Series: Earth and Environmental Science (56).

Rinaldi. 2010. Resiliensi Pada Masyarakat Kota Padang Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Jurnal Psikologi Vol 3, No. 2.

Subair. 2013. Adaptasi Perubahan Iklim Dan Resiliensi Komunitas Desa Nelayan: Studi Kasus Di Kawasan Pesisir Utara Pulau Ambon, Maluku. Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.

Syahrizal. 2014. Pengaruh Pengetahuan, Sikap dan Pendidikan Kepala Keluarga Terhadap Kesiapsiagaan Rumah Tangga dalam Menghadapi Risiko BencanTSunami di Desa Ulee Lheu Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh Tahun 2013. Program Pascasarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Sumatera Utara

Unduhan

Diterbitkan

11/20/2023

Cara Mengutip

Rahmi, M., & B. Syamwil, I. (2023). Mekanisme Adaptasi Masyarakat Korban Tsunami di Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh. Jurnal Permukiman, 18(2), 72–82. https://doi.org/10.31815/jp.2023.18.72-82

Terbitan

Bagian

Artikel