Evaluasi Desain Rencana Induk Kampus UIN Malang Dalam Implementasi Konsep Pembangunan Berkelanjutan
DOI:
https://doi.org/10.31815/jp.2019.14.10-22Kata Kunci:
Desain, green rating, kampus, masterplan, pembangunan berkelanjutanAbstrak
Master plan kawasan adalah sebuah rencana induk dalam pengembangan kawasan yang akan memberikan arahan pada rencana detil pengembangan kawasan tersebut. Oleh karena itu, seberapa besar dampak lingkungan akibat pengembangan kawasan juga ditentukan oleh rencana induk pengembangannya, sehingga dalam penyusunannysa, penerapan pendekatan berkelanjutan adalah sebuah keniscayaan. Kampus UIN Malang telah mengusung konsep hijau dalam penyusunan rencana induk pengembangan kampusnya. Makalah ini disusun dengan tujuan untuk mengevaluasi sejauh mana konsep hijau ini telah diterapkan dalam rancangan rencana induk UIN Malang. Metode evaluasi menggunakan rating tool untuk menilai perwujudan kawasan berkelanjutan yang dikeluarkan oleh Green Building Council Indonesia (GBCI). Hasil penilaian menunjukkan bahwa rencana induk tersebut baru mencapai nilai 24 dari total nilai maksimum rating 124. Hasil analisis memperlihatkan belum diterapkannya konsep hijau secara maksimal dalam penyusunan rencana induk kampus UIN Malang. Beberapa rekomendasi disusun berdasarkan pada hasil evaluasi sehingga dapat memberikan kontribusi bagi perbaikan rencana induk kampus UIN Malang.Â
Referensi
Centre for Environmental Research & Education (CERE). 2011. “Green Campus Concept Centre for Environment Research & Education.â€
Faghihi, Vahid, Amir R. Hessami, dan David N. Ford. 2015. “Sustainable Campus Improvement Program Design Using Energy Efficiency and Conservation.†Journal of Cleaner Production 107: 400–409. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2014.12.040.
GBCI. 2015. “Greenship Neighborhood Version 1.0.†gbcindonesia.org. Green Building Council Indonesia.
Hendrayana, Heru, dan Doni E.P. Putra. 2015. “Konservasi Air Tanah - Sebuah Pemikiran.†https://doi.org/10.13140/RG.2.1.3333.2643.
Ismail, Norsalisma, Mohamad Nidzam Rahmat, dan Shahrul Yani Said. 2015. “Proceedings of the Colloquium on Administrative Science and Technology.†In Proceedings of the Colloquium on Administrative Science and Technology, 311–23. https://doi.org/10.1007/978-981-4585-45-3.
Matloob, Faris Ataallah, Ahmad Bashri Sulaiman, Turki Hasan Ali, Shuhana Shamsuddin, dan Wan Nurul Mardyya. 2014. “Sustaining Campuses through Physical Character–The Role of Landscape.†Procedia - Social and Behavioral Sciences 140: 282–90. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.421.
Ragheb, Amany, Hisham El-Shimy, dan Ghada Ragheb. 2016. “Green Architecture: A Concept of Sustainability.†Procedia - Social and Behavioral Sciences 216 (October 2015): 778–87. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.12.075.
Reidy, Darren, Maria J. Kirrane, Barrie Curley, Denis Brosnan, Stephan Koch, Paul Bolger, Niall Dunphy, et al. 2015. “A Journey in Sustainable Development in an Urban Campus.†In Integrative Approaches to Sustainable Development at University Level, 599–613. https://doi.org/10.1007/978-3-319-10690-8_41.
The Scottish Government. 2011. “Green Infrastructure: Design and Placemaking - gov.scot.†Building, Planning, and Design. 2011. https://doi.org/78-1-78045-351-4.
United Nations General Assembly. 2015. “Transforming Our World: The 2030 Agenda for Sustainable Development.†A/RES/70/1. https://sustainabledevelopment.un.org/post2015/transformingourworld.
Universitas Indonesia. 2017. Guideline UI GreenMetric World University Rangkings 2017. Depok. www.greenmetric.ui.ac.id t.
UNSD. 1992. “The United Nations Conference on Environment and Development.â€