Penerapan Infrastruktur Persampahan Di Pulau-Pulau Kecil Studi Kasus: Di Pulau Harapan, Kepulauan Seribu

Tuti Kustiasih, Fitrijani Anggraini

Abstract


Aksesibilitas akibat lokasi yang terpencil dan terisolir merupakan kendala utama dalam pelaksanaan pengelolaan dan pembangunan pulau-pulau kecil di Indonesia dan menyebabkan keterbatasan sumber daya air dan infrastruktur. Pembangunan di pulau-pulau kecil perlu diarahkan untuk mengelola dan mendayagunakan potensi yang ada secara lestari berbasis masyarakat sehingga dapat berkelanjutan. Pengelolaan lingkungan di pulau-pulau kecil pada umumnya belum dikelola dengan baik. Kajian ini difokuskan pada pembangunan pengelolaan sampah dengan menerapkan teknologi tepat guna komposter, untuk pulau-pulau kecil, mengambil contoh kasus di Kepulauan Seribu khususnya Pulau Harapan. Kajian ini dilakukan untuk mengetahui upaya kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah melalui pengembangan potensi lokal berupa sumber daya alam, sumber daya manusia dan pelibatan kearifan lokal. Dari hasil monitoring dan evaluasi, penggunaan komposter baru mencapai 25 % komposter diisi sampah organik (sisa makanan, sayuran), sesuai dengan petunjuk operasional. Dalam pelaksanaan operasi dan pemeliharaan diperlukan adanya petunjuk operasi dan pemeliharaan yang jelas agar mudah dimengerti oleh masyarakat, sehingga penggunaan teknologi tepat guna komposter di pulau-pulau kecil dapat berkelanjutan.

Keywords


Infrastuktur; pulau-pulau kecil; persampahan; potensi lokal; berbasis masyarakat

References


…… 2007. Laporan Akhir Kajian dan Pengembangan Sarana Air Minum dan Sanitasi untuk Permukiman Pulau-Pulau Kecil. Bandung: Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman, Badan Penelitian dan Pengembangan, epartemen PU.

……. 2003. Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Pulau-Pulau Kecil. Jakarta: Departemen Kelautan dan Perikanan.

Kustiasih, Tuti. Anggraini, Fitrijani dan Giman. 2007. Monitoring dan Evaluasi Penerapan Komposter, Kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Puslitbang Permukiman, Dep. PU.

Sarbidi, Murdiyati, dkk. 2007. Sosialisasi Model Sanitasi, Komposter Individual dan Komunal, Kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Puslitbang Permukiman, Dep. PU.

Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 27/2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil.

http://wapedia.mobi/id/Jakarta Utara

http://wapedia.mobi/id/Muara Angke

http://www.kepulauanseribu.net




DOI: http://dx.doi.org/10.31815/jp.2010.5.36-43

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright of Jurnal Permukiman ( e-ISSN: 2339-2975 ; print ISSN:  1907-4352 )

CC

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.