Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for JURNAL PERMUKIMAN?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PEDOMAN DAN SISTEMATIKA PENULISAN (TEMPLATE) DAPAT DIUNDUH DISINI

Jurnal Permukiman memuat artikel ilmiah dengan topik yang relevan dengan bidang permukiman berupa hasil penelitian, review maupun pengembangan konsep-konsep fundamental. Artikel yang diusulkan untuk dimuat dalam Jurnal permukiman haruslah tulisan yang belum pernah dipublikasikan dalam majalah ilmiah lainnya. Artikel dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan menggunakan kaidah bahasa tulis yang baik dan benar.

SISTEMATIA PENULISAN :

  1. Bagian Awal : Judul, Keterangan Penulis, Abstrak. Abstrak disusun dalam satu alinea antara 150-200 kata berisi; alasan penelitian dilakukan alasan penelitian dilakukan, pernyataaan singkat apa yang telah dilakukan (metode), pernyataan singkat apa yang telah ditemukan, pernyataaan singkat apa yang disimpulkan disertai minimal 5 kata kunci, Judul, abstrak dan kata kunci disusun dalam dua (2) bahasa (Inggris-Indonesia)
  2. Bagian Utama : Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan
  3. Bagian Akhir : Ucapan Terima Kasih, Daftar Pustaka (References) dan Lampiran
    (optional)

TEKNIK PENULISAN :

Format : Artikel ditulis dalam bentuk manuskrip dalam MS WORD dengan ukuran halaman A4 (210 x 297 mm) dengan margin : tepi atas 3 cm, tepi bawah 2,5 cm, sisi kiri 3 cm dan kanan 2 cm. Artikel ditulis dalam format 1 kolom ketikan 1 spasi, setelah edit layout menjadi 2 kolom, jarak kolom pertama dengan kedua 1 cm. Setiap alinea baru diberi tambahan spasi (+ ENTER). Penggunaan huruf :

Penggunaan huruf dan format tabel dan gambar:

Judul Bahasa Indonesia, Ditulis di tengah halaman, Cambria 14 pt. Kapital Bold;
Judul Bahasa Inggris, ditulis dibawahnya, Capitalize Each Word tanpa di-bold;
Isi Abstrak, Cambria 10 p, italic 1 spasi
Penomoran halaman menggunakan angka arab
Tabel yang digunakan tabel terbuka tanpa garis vertikal
Gambar memiliki kualitas minimal 300dpi

Penulisan acuan referensi dan Daftar Pustaka :

Referensi yang digunakan adalah referensi terbaru maksimal penerbitan 5 tahun terakhir, kecuali untuk handbook yang belum ada cetakan revisi.
Acuan pada teks (intext-citation) ditulis menggunakan standar penulisan yang baku baik gaya Chicago, Turabian dengan format AUTHOR DATE REFERENCE, sekilas dapat dicontohkan :
  1. Penulis tunggal : nama akhir penulis/ nama keluarga (tanpa inisial, kecuali ada kerancuan) dan tahun peublikasi.
  2. Dua Penulis : Kedua nama akhir penulis dan tahun publikasi
  3. Tiga penulis atau lebih : Nama akhir penulis pertama diikuti dengan et al. dan tahun publikasi
Sumber pustaka dapat ditulis langsung dalam teks dalam suatu tanda kurung ( ). Bila terdapat beberapa sumber pustaka maka urutan penulisan adalah berdasarkan abjad dan kemudian berdasarkan tahun publikasi. --------> CONTOH :
" .....seperti diungkap dalam penelitian terdahulu (Allan 1996a, 1996b, 1999; Allan and Jones 1995). Kramer et al. (2000) telah menyatakan bahwa ........."
Daftar Pustaka berisikan minimal 10 acuan, 80% adalah sumber acuan primer (jurnal atau kajian yang sudah diterbitkan terbitan skala nasional atau internasional).
Referensi dalam Daftar Pustaka disusun dalam urutan nama akhir penulis dan waktu. Untuk referensi yang ditulis oleh dua orang atau lebih, sebaiknya semua nama penulis dicantumkan dengan aturan : Penulis pertama dahulukan nama akhir (last name, first name) dan untuk penulis kedua atau seterusnya ditulis setelah nama penulis pertama seperti nama asli apa adanya (first name ~ last name), CONTOH:

Thomas, Trevor M, and Jasson Terborgh. 2011. Wales: Land of Mines and Quaries. Geographical Review 46, No. 1: 59-81. http ://www.jstor.org/ (diakses 2 Juni 2015)

Hussein, Muhammad, Garland E. Likins, and Robert D. Holtz. eds. 2012. Full-scale testing and Foundation Design. Virginia: ASCE Publisher.


 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Naskah yang diserahkan adalah asli dan belum pernah dipublikasi atau mengikuti proses review sebelumnya di jurnal/majalah lain
  2. File naskah yang diserahkan sudah dalam format MS WORD atau ODT
  3. Apakah sistematika penulisan naskah sudah runut sesuai dengan gaya selingkung Jurnal Permukiman  (Template)
  4. Apakah penulisan sitasi referensi dan daftar pustaka sudah sesuai dengan yang dicontohkan pada pedoman naskah untuk penulis
  5. Apakah penulis bersedia mengikuti etika dan aturan blindpeer review.
 

Copyright Notice

Surat Pernyataan Cetak Muat (Page Proof)


Nama Penulis: ..........................................
Judul tulisan: ...........................................

Bersama ini kami sampaikan bahwa:

  • Naskah yang kami serakahkan untuk mengikuti penerbitan jurnal adalah hasil karya asli, dan belum pernah dipublikasikan di jurnal/majalah terakreditasi lain.
  • Naskah ini tidak di submit dan tidak akan diserahkan untuk di-review ke jurnal lain selama dalam proses penyerahan di Jurnal Permukiman.
  • Naskah tidak memuat konten, argumen dan pernyataan yang melanggar hukum, tidak juga memuat materi yang dapat melanggar hak cipta pribadi dan entitas yang lainnya.
  • Penulis telah telah memiliki izin tertulis dari pemegang hak cipta apabila terdapat muatan yang dilindungi hak cipta/paten pribadi, lembaga lainnya dan penulis telah mencantumkan sumbernya pada naskah.

Bandung, 06 Juli 2015

Penulis

 

Surat Pengalihan Hak Cipta

Surat pernyataan ini mohon dapat diserahkan kepada Redaksi Pelaksana sebelum naskah masuk penjadwalan terbit.

Nama Penulis: ..........................................
Judul tulisan: ...........................................
Instansi: ..........................................
Email: ..........................................
No. Telepon: ..........................................

Menyatakan *setuju/tidak setuju naskah dengan judul diatas diterbitkan oleh Jurnal Permukiman. Hak cipta untuk naskah, isi teks, abstrak dan semua bagian yang membentuk karya tulis ilmiah tersebut, yang telah diajukan oleh penulis dengan ini dinyatakan telah dialihkan kepada Jurnal Permukiman. Pengalihan hak cipta meliputi semua bahan bagian dari isi naskah yang akan diterbitkan dalam bentuk media apapun baik cetak ataupun digital.

Dengan menandatangani kesepakatan ini, penulis menjamin bahwa artikel yang diajukan adalah asli dan isinya tidak plagiat, belum pernah diterbitkan dan tidak sedang dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain dalam bentuk apapun tanpa ada izin dari redaksi Jurnal Permukiman.

Penulis yang mewakili penandatangan surat kesepakatan ini memiliki kuasa dan kewenangan atas nama penulis-penulis lain yang tercantum dalam naskah. Demikian surat ini kami sampaikan dengan sebenar-benarnya.

Bandung, 06 Juli 2015

Penulis

 

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 


divCrPuskim Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman, 2016
Powered by OJS Design by Ado Find Us on :
Facebook Facebook Linkedin LinkedIn