Kajian Kebutuhan Pasar untuk Penerapan Teknologi Tepat Guna Bidang Permukiman

Lia Yulia Iriani, Anita Firmanti

Abstract


Pusat Litbang Permukiman yang merupakan salah satu unit di bawah Badan Litbang Departemen Pekerjaan Umum memiliki visi untuk menghasilkan teknologi perumahan permukiman yang inovatif, aplikatif, kompetitif dan bermanfaat bagi masyarakat. Untuk mencapai visi tersebut secara lebih efektif dan efisien berbagai upaya dan harus dilakukan. Salah satu bentuk upaya tersebut adalah  memahami kebutuhan masyarakat umumnya dan para pemangku kepentingan di bidang perumahan dan permukiman khususnya sebagai pemanfaat produk Pusat Litbang Permukiman. Kajian Kebutuhan Pasar untuk Penerapan Teknologi Tepat Guna Bidang Permukiman ini dilakukan karena dirasakan intrusi teknologi tepat guna yang dihasilkan oleh Pusat Litbang Permukiman kepada para penerima masih berjalan pelan. Kajian ini dilakukan melalui peningkatan kemampuan pelaksana untuk memahami teori dan aplikasi kebutuhan pasar pada umumnya seperti marketing concept evaluation, marketing research dan marketing plan. Kajian dimulai dari pemahaman terhadap isu-isu bidang permukiman serta kebijakan-kebijakan Departemen PU untuk menangani permasalahan, inventarisasi teknologi tepat guna yang telah dihasilkan oleh Pusat Litbang Permukiman serta identifikasi kebutuhan masyarakat yang kemudian dilakukan analisis dengan menggunakan instrumen-instrumen perumusan masalah, untuk mengenali permasalahan yang dominan serta usulan strategi-strategi penanganan serta prediksinya di masa depan. Hasil kajian menunjukkan bahwa dari berbagai strategi yang dapat dilakukan, sebagai peringkat pertama adalah menyusun masukan konsep kebijakan dan strategi tentang penerapan teknologi tepat guna dan tepat sasaran, serta  merumuskan permasalahan kebijakan, strategi dan program kebutuhan litbang bersama stakeholders secara sinergi, terpadu, berkelanjutan.


Keywords


Teknologi tepat guna; kebutuhan pasar; masyarakat

Full Text:

PDF

References


Hadiat, Komersialisasi Produk Litbang, Sebuah Proses Pembelajaran, Lembaga Pengembangan Inovasi, Jakarta 2003.

Jonbi. Trend Teknik Sipil Era Milenium Baru.(Ed).UI Press Yayasan Jonbi-Hi-Tech Idetama, Jakarta 2001;

Khalil,T.M, Management of Technology. The Key to Competitiveness and Wealth Creation. Mc Graw Hill Pub.Co.Singapore, 2000.

Lulus Setiawan, Wawan, Peran Unit Inkubator Bisnis Dalam Alih Teknologi, Makalah dalam Seminar Sehari Difusi Inovasi Produk Litbang, Desember, 2003.

Ratna Komala Dewi Odjar, Promosi dalam Proses Difusi Inovasi Produk Litbang, Makalah dalam Seminar Sehari Difusi Inovasi Produk Litbang, Desember, 2003.

Hasyim Bidawi, Mekanisme Penerapan Jasa Teknologi Inderaja Satelit Bagi Masyarakat Nelayan, Jakarta, 2003.

Murniningtyas, Endah, Kebijakan Pembangunan IPTEK dalam Komersialisasi Produk Litbang.

Pusat Litbang Permukiman, Perkuatan Kelembagaan Organisasi dan Tata Laksana Analisis Kebutuhan Pasar Dalam Menunjang Program Litbang, Laporan Akhir , Bandung 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.31815/jp.2008.3.280-293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright of Jurnal Permukiman ( e-ISSN: 2339-2975 ; print ISSN:  1907-4352 )

CC

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.