Pengantar Redaksi

Pengantar Redaksi

 

Puji syukur  kami ucapkan karena kami dapat menyelesaikan penerbitan Jurnal Permukiman edisi pertama di tahun 2017 ini, baik secara elektronik dan tercetaknya. Bahasan tulisan yang kami sajikan berkaitan dengan lingkup struktur dan konstruksi bangunan, tata bangunan, air minum dan penyehatan lingkungan permukiman, serta perumahan dan lingkungan.

 

Meningkatkan akurasi nilai uji nondestruktif pada beton adalah melalui kalibrasi hasil uji dengan formula model regresi data uji destruktif laboratorium terhadap data uji nondestruktif lapangan. Untuk menaksir kekuatan beton sebagai salah satu cara dari uji nondestruktif ini yaitu dengan uji palu beton. Bahasan pembuka ini ditulis oleh Ajun Hariono dalam judul “Kalibrasi Prediksi Kekuatan Tekan Beton Tidak Terkekang Pada Uji Palu Beton Menggunakan Benda Uji Lapangan”.

 

“Prediksi Temperatur Kebakaran Ruangan Bangunan Menggunakan Model Babrauskas” yang disusun oleh Wahyu Sujatmiko berupaya mengkonversi beban api ke dalam kurva api menggunakan model Babrauskas di lapangan, validasinya dengan melakukan komparasi hasil simulasi terhadap data sekunder hasil eksperimen, dan simulasinya menggunakan perangkat lunak Fire Dynamic Simulator.

 

Triastuti, Ananto Nugroho, dan Arif Rahman Saleh melakukan penelitian mengenai “Pemanfaatan Abu Ampas Tebu Dalam Pembuatan Beton Busa Ringan”. Adapun tujuannya untuk mengetahui pengaruh penggunaan abu ampas tebu sebagai bahan pengganti semen dalam pembuatan beton busa ringan (lightweight foamed concrete) yang akan digunakan sebagai bahan nonstruktur seperti dinding, partisi, bahan isolasi, dan bahan pengisi.

 

Tingginya kadar total suspended solid (TSS) pada air limbah industri tahu dapat diturunkan kadarnya dengan menggunakan tanaman hydrilla melalui waktu kontak dalam proses fitoremediasi. Bahasan “Penurunan Kadar Total Suspended Solid (TSS) Air Limbah Pabrik Tahu Dengan Metode Fitoremediasi” dipaparkan oleh Tati Ruhmawati, Denny Sukandar, Mimin Karmini, dan Tatang Roni S.

 

“Transformasi Rumah Adat Balai Padang Sebagai hunian Tradisional Suku Dayak Bukit Di Kalimantan Selatan” karya dari Desak Putu Damayanti, Ni Made Dwi Sulistia Budhiari, dan Kuswara memaparkan bahwa rumah adat Balai telah berubah fungsi hunian. Sebelumnya rumah adat Balai sebagai hunian komunal kemudian berubah menjadi fungsi hunian pribadi. Fokus pembahasannya pada analisis proses dan penyebab terjadinya transformasi tersebut. Karya tulis ini telah dipresentasikan serta tercantum pada prosiding Seminar Arsitektur Tradisional di Makassar, 28 September 2016, dan untuk memenuhi persyaratan naskah yang layak diterbitkan pada jurnal, maka naskah ini telah kami sertakan dalam proses review.

 

Sebagai penutup, Mohamad Ridwan dan Fahmi Aldiamar menulis mengenai “Analisis Respons Tanah Di Permukaan Pada Beberapa Lokasi Pengeboran Dangkal Stasiun Gempa Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG)” dengan melakukan analisis respon spesifik situs di empat lokasi yang telah diketahui kondisi tanahnya berdasarkan hasil uji pengeboran dan standard penetration test (SPT).

Semoga tulisan yang kami sajikan bermanfaat. Selamat membaca.

 

Bandung, Mei 2017

Redaksi

 


UCAPAN TERIMA KASIH

 

Redaksi pelaksana  Jurnal Permukiman mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi, khususnya para Mitra Bestari Jurnal Permukiman Volume 12 Nomor 1 Mei 2017 :

 

  1.  Prof. Ir. Iswandi Imran, MASc. Ph. D.
  2.  Prof. (R) Dr. Ir. Bambang Subiyanto, M. Agr.
  3.  Dr. Ir. Tri Padmi
  4. Ir. Indra Budiman Syamwil, MSc. Phd



divCrPuskim Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman, 2016
Powered by OJS Design by Ado Find Us on :
Facebook Facebook Linkedin LinkedIn