Kinerja Kolam Sanita dalam Pengolahan Air Limbah Rumah Tangga Di Perkantoran

Ida Medawaty, R. Pamekas

Abstract


Pengembangan sistem pengelolaan air limbah skala perkotaan, pada umumnya telah mengaplikasikan proses pengolahan secara kimiawi maupun biologi. Namun, sistem tersebut belum mampu menyelesaikan seluruh permasalahan pencemaran air limbah. Pengembangan sistem pengolahan air limbah terpusat memang dapat mengurangi beban pencemaran di suatu kawasan. Penelitian ini ditujukan untuk mengoptimalkan pengolahan akhir air limbah dengan mengambil contoh air limbah perkantoran sebagai obyek penelitian. Metoda dengan penelitian pada kolam Sanita yang dimodifikasi dengan membagi kolam menjadi 2 (dua) unit sistem yang masing-masing unit dibagi lagi menjadi 2 (dua) kolam. Setiap kolam ditanami dengan tanaman air dengan jenis dan kerapatan yang berbeda. Setiap kolam dilengkapi dengan 6 (enam) titik pengambilan contoh air limbah untuk mengukur pengaruh waktu retensi terhadap pola perubahan kualitas air limbah di dalam kolam Sanita. Analisa kualitas dilakukan dengan tabel silang, sedangkan hubungan parameter dengan teknik regresi sederhana, hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kolam Sanita mampu memperbaiki mutu hasil olahan satu kelas lebih tinggi, dan kinerjanya mencapai angka maksimal ketika air limbah hasil olahan dapat dipakai mengairi tanaman hias. Tetapi pola perbaikan mutu air oleh kolam-1 dan kolam-3 lebih teratur dari pada kolam lainnya.

Keywords


Air limbah; kolam Sanita; ekologi; perkantoran; rumah tangga

Full Text:

PDF

References


Anonim, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2001 tentang Pengendalian Pencemaran Air.

Eriatno, 2003. Ilmu Sistem, Meningkatkan Mutu dan Efektifitas Manajemen. Jilid Satu. IPB Press. 2003.

Ginting Nana T., 2008. Mitigasi dan Adaptasi Dampak Perubahan Iklim Melalui Penerapan Teknologi Hijau. Jurnal Permukiman Volume 3. Juli 2008 (129-136).

Hidayat R., Brahmana Simon, 2007. Mengenal Lebih Dekat: Ekoteknologi sebagai Pengendali Pencemaran Air. Badan Litbang PU. Jakarta.

[KLH], Kementerian Lingkungan Hidup, 2004. Himpunan Peraturan di Bidang Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Penegakan Hukum Lingkungan.

Medawaty Ida, 2009. Sanitasi Taman Salah Satu Alternatif Sistem Pengolahan Air Limbah Rumah Tangga. Jurnal Permukiman Volume 4 Nomor 1. 2009 (1-9).

Santoso S., 2002. Mengolah Data Statistik secara Profesional. PT Alex Media Komputindo. Jakarta.

Metcalf dan Eddy, 2002. Wastewater Engineering, Treatment and Reuse 4th Edition International Edition Mc Graw Hill. Boston-USA.

AMPL, Maret 2010. Pencemaran Sumber Air Tanah di Kota-kota Besar Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31815/jp.2011.6.129-137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright of Jurnal Permukiman ( e-ISSN: 2339-2975 ; print ISSN:  1907-4352 )

CC

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.