Identifikasi Arsitektur Rumah Tradisional Nias Selatan dan Perubahannya

Bramantyo Bramantyo

Abstract


Keberadaan rumah tradisional Nias Selatan relatif lebih bertahan eksistensinya dibandingkan rumah tradisional lainnya. Untuk mempertahankan eksistensinya, diperlukan perubahan untuk mengakomodasi kebutuhan hunian masyarakat saat ini. Di sisi lain, perubahan tersebut berpotensi menghilangkan karakter atau keaslian arsitektur tradisional Nias Selatan maupun kearifan lokalnya. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan arsitektur yang terjadi dan dampaknya terhadap eksistensi dari rumah tradisional Nias Selatan. Metodologi yang digunakan adalah metode deskriptif-interpretatif terhadap kondisi eksisting dan perubahan pada rumah tradisional di lapangan. Hasil kajian menunjukkan bahwa eksistensi rumah tradisional Nias masih cukup kuat pada desa-desa adat, dimana secara umum kondisinya masih relatif baik dan masih dihuni. Sementara perubahan yang banyak terjadi adalah penambahan bangunan pada bagian bawah rumah dan penggantian bahan bangunan. Kesimpulannya adalah perubahan yang terjadi pada rumah tradisional Nias Selatan merupakan upaya untuk mempertahankan eksistensi, yang secara umum tidak menghilangkan karakteristik asli arsitektur tradisional Nias Selatan, namun ikut mempengaruhi kearifan lokal yang dimiliki terkait resistensi bangunan tersebut terhadap ancaman gempa.

Keywords


Rumah tradisional; arsitektur tradisional; Nias Selatan; perubahan arsitektur; penambahan bangunan; resistensi terhadap gempa

Full Text:

PDF

References


Depdikbud. 1979. Adat Istiadat Daerah Suku Bangsa Nias-Provinsi Sumatera Utara.

Loka Teknologi Permukiman Medan. 2010. Laporan Akhir Kegiatan Inventarisasi dan Identifikasi Arsitektur Rumah Tradisional Batak di Provinsi Sumatera Utara (Toba, Simalungun, Karo, Mandailing, dan Pak- pak/Dairi). Loka Teknologi Permukiman Medan, Medan.

Loka Teknologi Permukiman Medan. 2011. Laporan Akhir Kegiatan Inventarisasi dan Identifikasi Arsitektur Rumah Tradisional Melayu dan Nias di Provinsi Sumatera Utara. Loka Teknologi Permukiman Medan, Medan.

Saleh, M. 1989. Rumah Adat Tradisional Nias. Dirjen Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Siahaan, E.K. Dkk. 1979. Monografi Kebudayaan Nias. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan: Medan.

Viaro, A.M. dan Ziegler, A. 2006. Traditional Architecture of Nias Island. Yayasan Pusaka Nias : Gunung Sitoli




DOI: http://dx.doi.org/10.31815/jp.2012.7.151-161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright of Jurnal Permukiman ( e-ISSN: 2339-2975 ; print ISSN:  1907-4352 )

CC

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.