Editorial Policies

Focus and Scope

Karya tulis ilmiah dibidang permukiman yang meliputi kawasan perkotaan/perdesaan, bangunan dan gedung yang ada didalamnya serta sarana dan prasarana pendukungnya.

Subjek dapat meliputi :

1. Arsitektur, Perkotaan dan Lingkungan;

2. Bahan bangunan, Struktur dan Konstruksi;

3. Sains bangunan dan Utilitas

4. Air minum dan Penyehatan lingkungan;

 

 

Section Policies

Artikel

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Pengantar Redaksi

Editorial dari Redaksi

Editors
  • Rindo Herdianto
  • Dra. Roosdharmawati
Unchecked Open Submissions Unchecked Indexed Unchecked Peer Reviewed

Back Issue

Editors
  • Rindo Herdianto
  • Dra. Roosdharmawati
Unchecked Open Submissions Checked Indexed Unchecked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Redaksi menerima naskah karya ilmiah ilmu pengetahuan dan teknologi bidang permukiman, baik dari dalam dan luar instansi Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman.

Peer review anonim atau blind review, reviewer tidak mengetahui identitas penulis begitupun sebaliknya

Naskah akan direview oleh 2-3 orang penelaah yang berasal dari dewan redaksi dan mitra bebestari setelah ditugaskan oleh editor.

Aspek yang harus diperhatikan dalam proses penelaahan/peninjauan naskah :

  • Ketepatan (promptness) : Reviewer yang ditunjuk adalah berdasarkan kriteria bidang keahlian terkait sesuai dengan kajian atau riset naskah yang diusulkan. Diutamakan reviewer yang memahami penerbitan secara elektronik. Reviewer harus responsif terhadap penugasan editor.
  • Kerahasiaan (confidentialy) : Setiap naskah yang diterima dalam proses review harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Naskah tidak boleh ditampilkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali sebagaimana diizinkan oleh editor.
  • Objektivitas : Review naskah harus dilakukan secara objektif. Kritik berdasarkan sentimen pribadi kepada penulis sangat tidak diperkenankan. Reviewer harus mengekspresikan pandangan mereka dengan jelas menggunakan argumen yang mendukung.
  • Pengakuan terhadap sumber referensi yang jelas (acknowledgment): Reviewer harus mengidentifikasi apakah adanya kegagalan dalam menyitir pustaka yang digunakan (intext citation) oleh penulis. Pernyataan bahwa observasi, derivasi, atau argumen yang telah diteliti sebelumnya harus disertai dengan sitasi yang relevan. Seorang reviewer juga harus memberitahu editor apabila telah ditemukan kesamaan substansi atau tumpang tindih antara naskah yang sedang ditelaah dengan makalah lainnya yang sudah diterbitkan pada jurnal lain.
  • Komplik kepentingan (disclosure and conflict of Interest) : materi yang tidak dipublikasikan dalam ajuan naskah tidak boleh digunakan dan dimanfaatkan oleh reviewer untuk tujuan penelitian. Informasi yang diperoleh melalui proses peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Reviewer harus menjaga agar tidak terjadi konflik kepentingan terhadap naskah yang diajukan, tidak ada tendensi pertimbangan pribadi, politik, finansial, akademik atau rasisme agama yang dapat menyebabkan proses penilaian menjadi bias.

 

Publication Frequency

Kala terbit mulai tahun 2015, Jurnal Permukiman menjadi dua kali setahun, Mei dan November.

 

Open Access Policy

Jurnal ini menyediakan open access yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 


divCrPuskim Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman, 2016
Powered by OJS Design by Ado Find Us on :
Facebook Facebook Linkedin LinkedIn